Iklan Bawah Header

Cara Mempercepat Loading Blog di Blogger (Lengkap)

Cara Mempercepat Loading Blog di Blogger ( Lengkap ) - Kalian pada tahu bukan, kalau kecepatan dan responsivitas blog itu sangatlah penting. Lalu bagaimana jika loading blog kalian sangat lambat? Ada banyak solusi, satu masalah banyak solusi. Blogger yang bijak dan cerdas akan mencari solusinya sendiri di mesin pencari Google tanpa menayakannya lagi di grup atau chat orang lain.


Faktor terbesar yang menentukan cepat atau lambatnya loading blog adalah template dan konten yang ada di dalam blog tersebut. Walaupun template sudah ringan tapi kontennya kebanyakan media loading blog akan menjadi sangat lambat dari keadaan normalnya.

Kecepatan loading blog dapat mempengaruhi posisi suatu blog pada hasil pencarian di mesin pencari seperti Google. Banyak bloger pemula yang hanya mementingkan tampilan saja dan mengesampingkan kecepatan loading blog.

Lalu bagaimana cara mempercepat loading blog? Di sini admin akan memaparkan beberapa cara untuk mempercepat loading blog.

1. Unggah gambar di server blog

Kita bisa mendapatkan gambar dari situs mana saja. Tapi ingat, harus menjaga etika dalam mengambil gambar, jangan asal-asalan. Bloger pemula biasanya langsung memasang URL gambar pada blognya. Tapi alanglah baiknya kita mengunggahnya kembali ke server blog kita sendiri. Mengapa demikian?

Karena ketika browser memproses gambar yang akan ditampilkan, maka yang dikomunikasikan bukan hanya satu server gambar saja tapi banyak, itu tergantung jumlah gambar yang dipasang. Kemudian apabila kita mengunggahnya kembali di blog, browser akan memproses komunikasi ke satu server saja.

Sekali lagi, saran admin silahkan buat dan edit gambar sendiri supaya terlihat originalitas dan keunikan blog yang kalian miliki. Orang mengedit dan membuat gambar memiliki ciri-ciri khusus atau kekhasan tersendiri yang berbeda dari orang lain.

2. Menghapus widget alay yang tidak begitu penting

Mengapa admin mengatakan widget alay? Widget yang dipasang itu tentu memiliki fungsi yang vital dalam sebuah blog. Contoh widget alay yang kadang tampil di beberapa blog adalah visitor counter, online counter, slideshow gambar, dan lain-lain.

Cukup gunakan widget yang penting dan berguna ketika dipasang seperti subscribe, popular posts, label, about me, featured post dan contact form. Untuk owner blog yang sudah berpengalaman pasti sudah tidak memasang widget visitor counter lagi karena sudah ada Google Analytics dan statistik pageview bawaan.

3. Jangan kebanyakan memasang iklan

Ini ada hubungannya dengan batasan memakai javascript, dan iklan sendiri kadang mengandung javascript sebagai pendukung iklan tersebut untuk bisa tampil. Di sini juga akan kelihatan mana blog yang cuma fokus uang/penghasilan dan mana yang tidak. You knowlah ciri-cirinya.

Saran admin, pasang iklan maksimal 4 buah saja dalam satu halaman. Misalnya ada yang di atas postingan, di tengah, di bawah setelah artikel dan satu lagi ada di bagian teratas sidebar (widget). Jangan juga kebanyakan pasang iklan di bagian header, karena konten di bawahnya akan dimuat setelah iklan selesai diproses.

4. Kompres gambar sebelum diunggah

Di luar sana tersedia banyak aplikasi untuk mengompres gambar sebelum diunggah baik itu untuk mobile maupun desktop. Gunanya apa? Selain menghemat pemakaian kuota internet, juga akan membuat loading blog lebih cepat dibanding menggunakan ukuran gambar yang asli.

5. Gunakan template versi terbaru dan ringan

Template blog yang ringan adalah template berjenis minimalis, kalian bisa menemukan jenis template ini di situs penyedia template premium atau gratis seperti soratemplates, way2templates, gooyaabitemplates dan masih banyak lagi.

Selalu mendapat update template yang sudah dipakai dari developer dimana kita sudah membeli template tersebut. Itu sangat penting, karena secara otomatis ketika mendapat update tamplate yang sudah diupdate tentunya memiliki beberapa kelebihan dari template sebelumnya.

6. Memasang script Lazyload

Sebenarnya sudah banyak yang menggunakan trik ini untuk mempercepat loading blog agar pagespeed yang ada pada tool tertentu seperti Google Speed Insight dan GTmetrix. Trik ini memang ampuh karena cara kerja lazyload yang akan menunda proses pada konten yang terpengaruh.

Konten tersebut baru akan dimuat ketika sudah discroll dan tepat tampil pada layar (load on scroll), jika belum di scroll maka konten yang terpengaruh tidak akan dimuat. Lazyload ini banyak jenisnya ada yang untuk gambar, javascript bahkan ada untuk iklan seperti Google AdSense. Dan blog ini memakai lazyload gambar dan AdSense.

7. Jangan menggunakan gambar sebagai background

Banyak yang menggunakan gambar hanya untuk mempercantik tampilan blog. Ya memang terlihat sangat memukau dan indah namun yang jadi korban adalah kecepatan loading blog yang begitu buruk.

Saran admin, lebih baik menggunakan warna saja sebagai latar karena dengan warna saja loading blog sudah cepat.

Bagaimana Artikelnya ? mudah bukan, Cara Mempercepat Loading Blog di Blogger (Lengkap) ? Oke bro / sis cukup sampai disini ya pembahasan kita kali ini. Jika ada yang kurang di mengerti silakan kalian tanyakan pada kolom komentar dibawah.

2 Responses to "Cara Mempercepat Loading Blog di Blogger (Lengkap)"

  1. Ternyata widget pengaruh juga yah min ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat berpengaruh kak, Apalagi widget seperti Facebook gtu

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel